fbpx

Mau Import Barang Dari China?, ini yang wajib anda ketahui.

Sebelum kita membahas cara import nya, teman-teman harus tahu dulu pertanyaan dasar nya. “Kenapa harus China?”

China dikenal sebagai negara industri yang mengalami perkembangan industry yang sangat agresif di asia. Industri barang china dikenal dengan harganya yang murah, oleh karena itu sangat tepat jika anda ingin mempelajari mengenal berbagai cara import barang dari China yang dikenal mudah dan murah untuk berbagai keperluan seperti bisnis dan perdagangan.

Apa Langkah-langkah dan Cara Import Barang dari China

1. Tentukan barang serta supliernya

Langkah pertama adalah dengan menentukan jenis barang apa yang ingin diimport. Jika sudah ketemu, anda bisa mencari suplier yang menyediakan barang tersebut. Jangan asal cari suplier melainkan dengan melakukan survey terlebih dahulu mengenai suplier terpercaya dengan reputasi yang baik.

Dalam mencari informasi sebaiknya lakukan secara detail sekaligus pelajari pula latar belakang dari suplier tersebut. Lakukan dengan hati-hati dan tentukan suplier secara tepat untuk menghindari hal buruk yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

2. Tentukan sistem pembayarannya

Jika sudah menentukan suplier, cara import barang dari China selanjutnya adalah dengan menentukan harga serta cara pembayarannya. Jika menggunakan Free on board itu artinya biaya pembelian, biaya asuransi, harga barang serta biaya pengiriman bisa dibayar ketika barang telah sampai ke pelabuhan bongkar.

Sedangkan Cost Insurance and Freight merupakan sistem pembayaran yang dilakukan sebelum kapal berangkat menuju pelabuhan muat.

Jangan lupa untuk menanyakan apakah ada biaya tambahan atau tidak.

3. Sistem pengiriman

Langkah selanjutnya adalah bagaimana dengan sistem pengiriman barangnya. Ada tiga cara yang bisa dipilih yaitu jalur darat, jalur laut atau jalur udara. Dalam hal ini anda bisa sesuaikan sendiri jenis pengiriman mana yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Jalur udara à Jalur ini biasa digunakan pengiriman barang yang jauh dengan waktu yang cepat sehingga mampu mempersingkat waktu pengiriman.
  • Jalur laut à Sama seperti jalur udara, jalur laut banyak dipilih untuk pengiriman jarak jauh. Meski demikian, jalur laut memakan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan jalur udara. Pengiriman ini cocok bagi anda yang melakukan impor barang namun dengan waktu yang tidak mendesak.
  • Jalur darat à Jalur darat dipilih untuk tujuan yang lebih pendek seperti dalam kota atau antar kota. Beberapa transportasi yang digunakan biasanya adalah truck, mobil box serta transportasi darat lainnya.

4. Mengurus dokumen perizinan

Mengurus dokumen perizinan import merupakan hal penting yang harus dilakukan mengingat barang yang dibeli tidak berasal dari dalam negeri. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh pihak pembeli barang yang bisa diurus.

Perizinan  dokumen dilakukan supaya tidak terjadi sesuatu terkait dengan bea cukai dari barang yang dikirim. Beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus perizinan salah satunya adalah sertifikat telah lulus SNI. Dokumen tersebut merupakan jenis dokumen yang harus dilengkapi untuk mengurus kegiatan import yang dilakukan.

Kenapa harus ada dokumen SNI??

Semua kegiatan yang berhubungan dengan teknologi, sosial, dan ekonomi pasti memiliki suatu standar tertentu. Standar dibuat untuk meluruskan hal – hal seperti teknis dan jasa. Itulah manfaat SNI untuk produk anda, karena standar bukan hanya diperuntukkan untuk teknis dan jasa saja, namun bagi produk juga standar itu penting.

Kenapa penting?

Standar yang diperhatikan dengan baik bisa meningkatkan daya saing, menjaga konsistensi dari nilai jual produk dan dapat membantu meyakinkan konsumen bahwa produk memiliki kualitas yang baik dan bermutu.

Perusahaan yang sudah ber SNI dipastikan aman untuk dijual di kalangan masyarakat. Namun untuk peraturan di Indonesia, SNI itu menjadi sebuah keharusan untuk menjaga keamanan produk.

Dengan adanya standardisasi tersebut, bisa juga menjadi acuan untuk mengukur mutu produk dalam perdagangan. Pengguna produk atau konsumen juga bisa mendapatkan kepastian dan jaminan bahwa produk yang dibeli benar aman sudah sesuai standar yang ada. Di berbagai negara di dunia juga sudah banyak menerapkan standar seperti di Indonesia yang sudah di sepakati untuk dijadikan standa kualitas produk. Indonesia sudah melakukan langkah ini untuk menerapkan SNI merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa di Indonesia.

Dimana saya bisa melakukan sertifikasi produk untuk mendapatkan label SNI ?

Salah satu Lembaga sertfifikasi produk (Lspro) yang sudah memiliki reputasi yang baik dan telah terakreditasi oleh KAN serta memiliki banyak sekali pelanggan baik dalam dan luar negeri, PT. Integrita Global Sertifikat (IGS) adalah salah satu lembaga sertifikasi yang siap membantu anda di dalam melakukan sertifikasi produk (SNI) sehingga memudahkan anda di dalam melakukan import produk dari luar negeri.

Lspro ini bisa kalian temukan di http://lsigs.com

1 thought on “Mau Import Barang Dari China?, ini yang wajib anda ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat
× Live Chat, Here