fbpx

Tak Penuhi SNI, Produk ini di Musnahkan Kemendag

0

Tak Penuhi SNI, Kemendag Musnahkan Baja Seberat 2.302 Ton di Tangerang

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memusnahkan produksi baja seberat 2.302 ton karena tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) 2052:2017, Kamis, 12 Januari 2023. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan langsung memimpin kegiatan pemusnahan produk baja tulangan beton (BjTB) senilai Rp. 32,23 miliar milik PT. Long Teng di Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Zulkifli Hasan mengatakan, BjTB yang berjumlah 419.537 batang dengan berat 2.302 ton dimusnahkan karena melanggar aturan atau tidak memenuhi syarat mutu Standar Nasional Indonesia (SNI).  

Butuh Pembuatan SNI  Hubungi Kami LSPro IGS – Lembaga sertifikasi produk terbaik

  Dirinya juga menjelaskan, BjTB non-SNI ini melanggar Pasal 8 ayat (1) huruf a UU Nomor 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman sanksi pidana berdasarkan Pasal 62 ayat (1) dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak Rp2 miliar. “Kami telah melakukan pengujian di laboratorium yang terakreditasi. Hasilnya, produk-produk tersebut dinyatakan tidak memenuhi ketentuan SNI, yakni SNI 2052:2017,” kata Zulkifli Hasan kepada wartawan. Zulkifli mengungkapkan, sejauh ini ada sekitar 40 industri baja yang memproduksi produk serupa diketahui tidak memenuhi SNI. Untuk itu pihaknya akan segera menindak tegas hal tersebut. “Saya mendapatkan laporan bila di Provinsi Banten ini banyak perusahaan dalam negeri yang memproduksi BjTB melanggar aturan,” terangnya. Padahal, kata Zulkifli, jika saat ini esensial perkembangan industri konstruksi dan manufaktur di Indonesia sedang meningkat, seiring dilakukan pembangunan infrastruktur secara masif. Sehingga industri baja pun akan turut memainkan peranan penting dalam meningkatkan kualitas industri konstruksi itu sendiri. Namun, apabila salah satu elemen tatakelola ketahanan dan utilisasi industri baja tidak sesuai. Maka akan berpengaruh terhadap konsumsi dan kemandirian industri baja nasional. “Nah ini kan kasihan kalau industri-industri dalam negeri yang lain sudah mengikuti ketentuan, tetapi salah satu industri masih ada yang belum mengikuti ketentuan sesuai SNI,” ujarnya.  

Butuh Pembuatan SNI Hubungi Kami LSPro IGS – Lembaga sertifikasi produk terbaik

  Kalau begini (BjTB non-SNI) bisa mempengaruhi  PT Krakatau Steel dan bisa bangkrut,” lanjutnya. Untuk itu, Zulkifli berharap kegiatan ini akan memberikan efek jera pelaku usaha yang memproduksi BjTB lainnya yang tidak sesuai ketentuan, khususnya di wilayah Banten yang jumlahnya cukup banyak. Dimana tujuannya menjadi pelajaran agar pengusaha dapat memproduksi BjTB sesuai ketentuan SNI dan peraturan yang berlaku. “Pemusnahan ini diharapkan bisa membuat efek jera pelaku usaha lainnya yang memproduksi BjTB yang tidak sesuai ketentuan. Ini menjadi bukti Kementerian Perdagangan terus berupaya melindungi industri dalam negeri dan konsumen Indonesia,” tukasnya. Sementara, Direktur Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono menyampaikan, tindakan memproduksi BjTB yang tidak sesuai ketentuan dan juga telah memperdagangkan dengan harga jual yang lebih murah akan menimbulkan kerugian bagi konsumen. Dengan begitu, lanjut Veri, Kemendag melalui Direktorat Jenderal PKTN berkomitmen terus melindungi konsumen.

“Ini akan menimbulkan persaingan tidak sehat karena dapat mematikan industri dalam negeri untuk produk sejenis. Selain itu, ketidaksesuaian produk BjTB terhadap persyaratan mutu SNI mengakibatkan konstruksi bangunan tidak kokoh sehingga berpotensi membahayakan keamanan dan keselamatan konsumen,” jelasnya.
 
Kementerian Perdagangan akan terus berupaya agar konsumen terlindungi dan hak-haknya terpenuhi sehingga terhindar dari kerugian,” pungkasnya
sumber : inforadar.disway.id/read/649308/tak-penuhi-sni-kemendag-musnahkan-baja-seberat-2302-ton-di-tangerang/15
 
 
Butuh Pembuatan SNI Hubungi Kami LSPro IGS – Lembaga sertifikasi produk terbaik
 
 

Biaya SNI berapa ? Murah gak ya ?

 

Apakah Produk saya sudah Wajib SNI  ?

 

Anda Seorang Importir yang ingin mengurus SNI ?

 

Anda Seorang Pengusaha yang ingin mengurus SNI ?

 

Ingin Jasa SNI yang professional ?

 

Ingin Jasa SNI yang terbaik ?

 

Yuk Hubungi Team LSPro IGS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat
× Live Chat, Here